Saturday, October 24, 2009

Hilangnya Folder Options karna Virus

Nah kali ini kita akan membahas tentang Folder Options, dan dikarenakan teman-teman sudah pasti tahu dong tentang Folder Options ini jadi tidak perlu panjang lebar untuk mengulasnya. Tapi disini kami hanya akan memberi tips bagaimana jika Folder Options ini dikunci oleh virus, karna virus menguncinya tidak lewat Group Policy tapi lewat Registry, jadi bagi yang tidak tahu Registry jangan coba-coba. Nah berikut tips 2 cara bagaimana membuka folder option yang dikunci virus.


1. Melaui Antivirus PCMAV
Siapa sih yang tidak tahu PCMAV. Aplikasi ini adalah aplikasi antivirus yang handal untuk lingkungan Indonesia karena hampir bisa dipastikan virus akan hilang dan data selamat tanpa rusak.ini janji dari si pembuat. Dan aplikasi ini mempunyai fasilitas-salah satunya- mengembalikan Folder Options menjadi default. Pertama, download dulu easyparameter.exe di http://cyberhadi.com. Dan jika sudah, letakkan easy parameter.exe di folder tempat PCMAV berada, kemudian jalankan aplikasi tadi nah akan muncul GUI seperti ini:

gambar lagi ilang ^_^

Kedua, centang chec box /REGCLEAN di easyparameter.exe tersebut, maksud dari/REGCLEAN ini adalah mengembalikan registry dan setting "Tools-Folder Options" kekondisi default. Kemudian klik Run dan biarkan PCMAV berjalan sampai selesai lalu periksa Folder Options jika scanning dari PCMAV sudah selesai.

2. Melalui GROUP POLICY
Di sini saya menyebutnya logika terbalik, karena saat virus menyembunyikan Folder Options tersebut, berarti oleh virus itu di-Enabled-kan fitur untuk menyembunyikan Folder Options.Nah cara membukannya adalah Disabled-kan saja. Gini caranya:
  • Masuk ke Run melalui “Start Menu-Run”.
  • Lalu tulis “gpedit.msc “ tanpa tanda kutip.
  • Jika sudah muncul, lalu masuk ke “User Configuration-Adminitrative Template-Windows Components-Windows Explorer”, beginilah tampilan dari Group Policy:
Samping kanan cari “Remove the Folder Options menu item from the Tools Menu”, kemudian klik dua kali untuk masuk. Lalu pilih Disabled, dan tutup Group policy dan periksa Folder Option.




1 comment:

  1. nah ini nih virus sepele tp ngaruh gede, tiba" ilang menu folder optionnya, thanks infonya kawan. Oia, menjawab komentar di blog saya, bisa saja langsung dibuat link"nya itu di post blog tanpa harus bkin blog baru, cuma saya khawatir blog saya disangka spam oleh google krn terlalu banyak link kluar, coba baca disini http://www.masdoyok.co.cc/2010/07/melaporkan-blog-spam-ke-blogger.html

    ReplyDelete

Silahkan komentari Postingan ini, semoga bermanfaat buat sobat Blogger