Wednesday, January 13, 2010

Mengenal ISLAM

Pagi ini ada thread yang bahas masalah agama,tiba-tiba ada yang direct ke beritamuslim.wordpress.com pas dilihat memang benar blog ini membahas Islam, tapi pada jalur yang tidak seharusnya. Kemudian ditelusuri lagi oleh saya ternyata sumber yang dipakai oleh beritamuslim.wordpress.com ini adalah faithfreedom indonesia, sebenarnya tidak blog beritamuslim.wordpress.com ini saja yang memakai sumber dari faith freedom ini, hampir semua blog yang membahas Islam secara tidak seimbang menggunakan sumber ini.


Kemudian disini saya hanya ingin mencurahan hati saja,bukan mau berdebat karna kapasitas saya tidak bisa menjawab apa yang diperdebatkan itu,jika nanti informasi yang dikasih sepotong-sepotong sungguh nanti  akan menjadi  fitnah. Saya hanya ingin mengajak teman-teman melihat dari sudut lain,jika saya benar maka itu adalah rahmat dan jika saya salah,mohon dikoreksi.


Secara gamplang apa yang dibicarakan faith freedom adalah Islam sebagai agama keliru, agama yang hanya mengajarkan jihad sebagai bentuk teroris, wanita yang yang selalu dibawah pria dan masalah lainnya, serta tujuan dari dibentuknya faith freedom ini adalah melawan Islam itu sendiri.silahkan cek di disini.

Mengenal Islam justru bukan hanya dari muslimnya saja, muslim hanya mempraktekan apa yang mereka sanggupi,tentu tak semuanya bisa diamalkan,ada amal yang terbaik yang mereka kerjakan sebagai prioritas.Islam lebih komplek dari apa yang dibicaran diforum-forum atau web lainnya,web atau forum hanya menyampaikan bukan mempelajarinya.

Belajar Islam itu harus bermula dari Al-quran. Kitab suci ini sebagai dasar berargumen, apa yang difirmankan adalah benar, hanya saja mempelajari al-quran harus jauh kedalam, seperti ilmu nasikh mansukh, bahasa arab termasuk nahwi dan shorofnya, serta nuzulul quran atau sebab turunnya. ini bukan sama sekali memberatkan kita mempelajari al-quran, bukan. Tapi lebih kepada tidak sembarang orang asal bicara tentang Islam. Mungkin opini ini bakal ditanya juga,ini memberangus kebebasan berpendapat dong?bukan itu yang saya maksud, tapi alangkah baiknya jika berbicara harus punya ilmunya dulu. Ilmu menjadi titik tolak apakah yang dibicarkannya itu bisa diterima atau hanya sampingan saja.

Rasul pernah bersabda bahwa menyerahkan amanah bukan pada ahlinya, tunggu saat kehancurannya. Hadits ini mungkin lebih bisa diterima bukan ?. Karna secara logika saja, komputer rusak karna bukan komputernya, tapi karna pemakainya tidak paham memakai komputer, jadi jangan menyalahkan Islam sebagai agama, kalo yang ingin disalahkan munkin penganutnya karna mereka dan juga saya termasuk manusia, tidak ada yang sempurna, jadi masih harus banyak belajar lagi untuk bisa memahami Islam secara menyeluruh (kaffah).

akhir kata saya hanya sedikit berijtihad secara akal dan ilmu, tapi jika salah tolong koreksi. Dan tetap meminta kepada seluruh forum dan blog yang membahas Islam secara seimbang agar tidak menjadi api dikemudian hari.

4 comments:

  1. banyak yang memgenal islam hanya dari sisi negatif, betul kata sobat perlu diluruskan dengan mengenal islam lebih jauh.contohnya yang ada di Faithfreedom mereka hanya melecehkan agama kita.

    ReplyDelete
  2. Saya sebagai muslim berpendapat ; bahwa kita harus selalu berhati-hati dalam mempelajari / membaca sesuatu tentang Islam. Jangan sampai kita terjerumus kepada kesesatan yang tidak kentara. Saya tidak bisa menilai si A, si B. tetapi kita harus merujuk pada banyak sumber.
    MAaf kalau saya salah mengartikan yang pada paragraf 5 yang bunyinya "Belajar Islam itu harus bermula dari Al-quran.Kitab suci ini sebagai dasar berargumen,tapi tidak bisa mutlak bahwa yang difirmankan adalah benar,...." Menurut saya bahwa yang difirmankan mutlak benar adanya. sekali lagi maaf,mungkin saya yang salah mengartikan atau menafsirkannya.

    ReplyDelete
  3. @syahidacomputer Betul bahwa semua yang difirmankan dalam Alquran adalah benar,tidak bisa diubah karna yang memeliharanya bukan hanya manusia tapi juga Allah.

    ReplyDelete
  4. @kapten teknologi
    bener banger sob, moga tulisan ini bisa melurusakan apa yang salah di pikiran temen2 non islam dan penganutnya juga,amin

    @syahida
    betul bgt sob,dan thanks buat koreksinya.alhamdulillah ada yang mau koreksi jg.
    paragraf 5 dah ane betulin sob,memang al-quran sendiri klaim kl semua yang ditulis itu bener adanya.saya yang salah.

    @dhani
    thanks dah koreksi jg nih,moga ada tindak lanjutnya ya mas.

    ReplyDelete

Silahkan komentari Postingan ini, semoga bermanfaat buat sobat Blogger