Sunday, December 13, 2009

Tips Terhindar Dari Virus

Lama tidak menulis lagi, gimana kabar temen-temen disana?moga baik. Nah kali ini saya ingin sedikit mengupas sedikit tentang bagaimana agar komputer kita tidak terkena virus. temen-temen juga pasti tahu bahwa antivirus seperti AVG, AVAST, CLAMAV dan yang lainya,tidak bisa dipandang sebelah mata, karna antivirus ini sudah ditingkat global!pangsa pasarnya juga tidak hanya disatu negara saja bukan!.

Tapi yang menjadi soratan saya adalah, setiap orang dengan mudah bisa membuat sebuah virus, entah dengan detail yang begitu mengesankan atau  hanya menggunakan virus engine (mesin pembuat virus). Saya juga tidak tahu persis berapa lama waktu yang diperlukan oleh produsen antivirus tersebut untuk men-decrypt-kan sebuah virus, tapi yang saya pahami adalah jika virus menyerang maka jangan harap komputer anda bisa berjalan normal. Betul tidak?

Kemudian masalah virus lokal hanya berada pada satu daerah,contoh simple adalah virus pendekar blank,ini di Indonesia,di amerika pastinya tidak ada. Virus lokal berkembang biak rata-rata tidak melalui internet tapi usb,karna usb dianggap lebih praktis.Dan jangan salah, virus buatan negeri sendiri ternyata cukup kuat juga. Jadi tidak ada salahnya juga menggabungkan dua antivirus dalam satu komputer, antivirus Global tadi (seperrti AVG) dan antivirus lokal (seperti ANSAV).

Ini sedikit rekomendasi saya buat temen-temen agar komputer nggak kena virus:
Pertamax,Matikan Autoplay di Group Policy:
1.klik start
2.masuk ke RUN,kemudian tulis "gpedit.msc"(tanpa tanda petik).
3.pilih ADMINISTRATIVE TAMPLATES,pilih lagi SYSTEM.
4.klik 2x pada "TURN OFF AUTOPLAY" ,lalu muncul gambar seperti ini. Kemudian pilih "Enabled" lalu OK



Keduax,coba setting antivirus anda agar bisa menscan portable device,seperti usb.kebetulan saya pake AVG 9,cara nyetting gini,masuk ke AVG>>Tools>>Advanced setting>>Scan>>Removal device scan


Ketigax,Install antivirus Lokal seperti,PCMAV, ANSAV dan SMADAV.tapi rekomendasi saya adalah ANSAV karna lebih user friendly dan powerfull plus sudah digabung dengan Clamav,jadi lebih kuat!!!
selemat mencoba!!

Link download:
AVG 9 disini
SMADAV 7.4 disini
ANSAV 2.0.50 disini
Clamav for Ansav(22MB) plugin v4 disini

4 comments:

  1. Wah boleh dicoba nih... makasih inponyah kak :))

    ReplyDelete
  2. wah thanks nih sob... ansav memang bagu sob, tapi kenapa ya AV lokal updatenya lama2 terus...

    ReplyDelete
  3. nice share bro...
    kalo gw lebih milih alternatif pake deep frezze...
    kenapa????? karena gw suka nguji coba software vb gw, jadi sering kena delete ama anti virus....
    hehehee.....
    keep blogging...
    salam sukses...

    ReplyDelete
  4. wah, untuk mereka yang tidak paham tentang GPEDIT.msc pasti info 'matikan autoplay' sangat berguna itu.
    Tp, cara yang kedua itu, saya baru tahu beberapa anti-virus ada menu seperti itu..
    Sekali lagi saya belajar suatu hal dari blog mu.Terima kasih,,

    eN sekaligus saya ingin meminta maaf, karena jarang BW. Mungkin disebabkan karena kesibukan =(

    ReplyDelete

Silahkan komentari Postingan ini, semoga bermanfaat buat sobat Blogger